1. Pendahuluan
Banyak orang berangapan bahwa pemasaran dan penjualan
itu adalah dua istilah yang sama. Padahal keduanya mempunyai konsep yang
sangat berbeda namun masih saling berkaitan. Dalam penjualan lebih
ditekankan pada hasil produksi, jenis-jenis produk, menejemen penjualan,
dan metode penjualan. Sedangkan dalam pemasaran lebih ditekankan pada
keinginan kosumen, selera konsumen, menejemen berorientasi pada laba dan
keuntungan perusahaan, dan pangsa pasar dimasa yang akan datang.
Di
bawah konsep penjualan, sebuah perusahaan membuat produk dan kemudian
mendayagunakan aneka metode penjualan untuk membujuk konsumen membeli
produknya. Ini berarti bahwa perusahaan mengarahkan permintaan konsumen
agar sesuai dengan penawaran yang diajukan. Sebaliknya dibawah konsep
pemasaran perusahaan menjajaki apa yang diinginkan oleh konsumen dan
kemudian berusaha mengembangkan produk yang akan memuaskan keinginan
konsumen dan sekaligus memperoleh laba. Disini perusahaan menyesuaikan
penawaran mereka untuk memenuhi permintaan konsumen.
2. Pengertian penjualan
Beberapa definisi mengenai penjualan;
Menurut
Mawardi (1982) penjualan dapat didefinisikan sebagai “suatu transfer
hak atas benda-benda”. Menurut Marwan (1991) “Penjualan adalah suatu
usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang
diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna
mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba”.
Penjualan adalah
sebuah strategi untuk memasar hasil-hasil produksi yang diarahkan pada
usaha pemenuhan kebutuhan dan memuaskan konsumen, guna mendapatkan laba
bagi perusahaan dengan cara yang seefektif mungkin. Penjualan merupakan
ujung tombak bagi sebuah perusahaan, karna penjualan adalah bagian dari
perusahaan yang berhubungan lansung dengan dunia luar perusahaan.
Penjualan
dibedakan menjadi dua yaitu penjualan langsung dan penjualan tidak
lansung. Penjualan langsung adalah sebuah strategi mempromosikan produk
atau jasa yang bertujuan untuk mempengaruhi tindakan konsumen. Penjualan
tidak langsung adalah sebuah strategi mempromosikan produk atau jasa
yang ditujukan untuk menyentuh pikiran dan perasaan konsumen.
3. Pengertian pemasaran
Beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya:
1.
Menurut Philip kloter pemasaran atau marketing adalah kegiatan manusia
yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan malalui proses
pertukaran.
2. Menurut William J. stanton pemasaran adalah
keseluruhan sistem dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang
dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli
potensial.
Pemasaran adalah sebuah kegiatan baik secara individu
maupun kelompok untuk mendistribusikan, menawarkan hasil produksi kepada
konsumen guna memenuhi kebutuhan (needs), keinginan (wants), permintaan
(demands) komsumen melalui proses pertukaran agar tercapainya tujuan
produsen.
4. Perbedaan penjualan dengan pemasaran
Penjualan
Pemasaran
1. Tekanan pada produk;
2. Perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya;
3. Manajemen berorientasi ke volume Penjualan
4. Perencanaan berorientasi ke hasil jangka pendek, berdasarkan produk dan pasar 1. Tekanan pada keinginan konsumen;
2.
Perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diingini dan kemudian
mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi
keinginan itu;
3. Manajemen berorientasi ke laba usaha;
4.
Perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan
produkproduk baru, pasar hari esok dan pertumbuhan yang akan datang.
5. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil adalah :
• Penjualan lebih menfokuskan pada kebutuhan penjual.
• Pemasaran lebih menfokuskan pada kebutuhan konsumen.
• Mengetahui perbedaan penjualan dengan pemasaran.
catatan-ti.blogspot.com/2009/05/perbedaan-antara-pemasaran-dan.html
arami-rafsanjani.blogspot.com/