Matakuliah Aplikasi komputer akuntansi I di semester 2 ee..dah da matkul MYOB.
MYOB Premier adalah sebuah aplikasi akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu (integrated software). Memadukan beberapa modul menjadi satu paket dengan harga yang cukup terjangkau untuk usaha kecil dan menengah. Dikembangkan pertama kali oleh MYOB Limited Australia dan sekarang telah dikembangkan dibeberapa negara lain, seperti di New Zealand, Asia, Amerika, Kanada, dan United Kingdom. MYOB Premier dapat digunakan untuk perusahaan yang menggunakan sistem multicurrency (banyak mata uang) dan multi user (banyak pengguna).
Beberapa pertimbangan menggunakan software ini sebagai alat (tools) yang membantu proses pekerjaan akuntansi supaya menjadi lebih cepat dan tepat di antarannya adalah:
a. User friendly (mudah digunakan).
Tampilan menu dan aliran transaksi yang sederhana dan mudah. Mudah diingat dan dimengerti oleh orang awam yang kurang mengetahui secara mendalam tentang komputer dan akuntansi.
b. Tingkat keamanan (security) yang valid untuk setiap user.
c. Kemampuan explorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses export dan impor file yang merepotkan.
d. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
e. Dapat di aplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan oleh MYOB.
f. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
Open : Menu untuk Membuka Database Perusahaan yang sudah ada.
Creat : Menu untuk Membuat Database Perusahaan Baru.
Explore : Menu untuk membuka contoh data perusahaan yang telah disiapkan secara default.
What's New : Menu untuk Melihat Hal-hal terbaru dari Versi MYOB yang sedang Anda gunakan.
Exit : Menu untuk Keluar dari MYOB
Dalam hal ini kita akan membuat data Akuntansi baru, Klik tombol Create dan akan muncul kotak dialog sebagai berikut :
*) Kotak dialog New Company File Assistant – Step 1
- Cancel : Membatalkan proses pembuatan data Akuntansi baru
- Back : Kembali ke langkah sebelumnya
- Next : Melanjutkan proses pembuatan data akuntansi ke langkah berikutnya.
*) Klik Next > maka akan tampil kotak dialog step 2
*) Kotak dialog New Company File Assistant – Step 2 berisi tentang Informasi Perusahaan
- Company Name : Isi dengan Nama Perusahaan
- Address : Tulis alamat Perusahaan
- Phone Number : Isi Nomor Telepon Perusahaan
- E-mail Address : Tulis E-mail Perusahaan
*) Klik Next maka akan menampilkan kotak dialog Step 3
*) Kotak dialog New Company File Assistant – Step 3 berisi tentang Periode Akuntansi Perusahaan
- Current Financial Year : diisi dengan Tahun Periode Akuntansi Berjalan
- Last Month of Financial Year : diisi dengan akhir periode Akuntansi
- Conversion Month : diisi dengan awal periode Akuntansi
- Number of Accounting Periods : diisi Twelve (12 bulan dalam 1 tahun periode Akuntansi).
PERIODE 13
Salah satu kelebihan MYOB dibandingkan dengan aplikasi akuntansi sejenis adalah adanya fasilitas periode ke tigabelas, periode yang khusus disediakanoleh MYOB untuk mencatat transaksi yang tidak dimasukkan diantara periode pertama hingga periode ke duabelas.
PERIODE 13 digunakan untuk:
- Penyesuaian untuk Auditor, sehingga kita bisa melihat laporan keuangan sebelum diaudit (periode 1-12) dan laporan keuangan setelah diaudit (periode 1-13).
- Penyesuaian untuk Koreksi fiskal Pajak, sehingga kita bisa melihat laporan keuangan komersial dan laporan keuangan fiskal.
- Penyesuaian untuk pihak ketiga (ekstern) lainnya
*) Klik Next maka akan tampil kotak dialog Step 4
*) Kotak dialog New Company File Assistant – Step 4 berisi tentang Ringkasan Informasi Akuntansi Perusahaan.
Pada kotak dialog selanjutnya muncul dialog Build Account List berisi pilihan pembuatan Akun (Rekening Akuntansi).
1. Menggunakan fasilitas import akun, dimana akun yang akan digunakan telah
disimpan di dalam suatu file text
2. Menggunakan fasilitas import akun, dimana akun yang akan digunakan telah
disimpan di dalam suatu file text.
3. Membuat sendiri daftar akun pada Modul Account MYOB Premier.
Kotak dialog pembuatan File
- Kita akan melihat Lokasi penyimpanan file di C:\myob
- Ubah lokasi penyimpanan dengan klik Change dan tentukan tempat penyimpanan file yang baru.
*) Klik Next> dan kita sampai pada langkah akhir pembuatan File
Setup Assistant : untuk menyelesaikan semua setup yang diperlukan sebelum masuk ke jendela utama (Command Centre) MYOB.
Command Centre : untuk masuk ke jendela utama MYOB, jika memilih opsi ini
anda tetap dapat melakukan setup melalui menu-menu yang ada.