Tuesday, April 23, 2013

Pemasaran dan Penjualan

1. Pendahuluan
Banyak orang berangapan bahwa pemasaran dan penjualan itu adalah dua istilah yang sama. Padahal keduanya mempunyai konsep yang sangat berbeda namun masih saling berkaitan. Dalam penjualan lebih ditekankan pada hasil produksi, jenis-jenis produk, menejemen penjualan, dan metode penjualan. Sedangkan dalam pemasaran lebih ditekankan pada keinginan kosumen, selera konsumen, menejemen berorientasi pada laba dan keuntungan perusahaan, dan pangsa pasar dimasa yang akan datang.
Di bawah konsep penjualan, sebuah perusahaan membuat produk dan kemudian mendayagunakan aneka metode penjualan untuk membujuk konsumen membeli produknya. Ini berarti bahwa perusahaan mengarahkan permintaan konsumen agar sesuai dengan penawaran yang diajukan. Sebaliknya dibawah konsep pemasaran perusahaan menjajaki apa yang diinginkan oleh konsumen dan kemudian berusaha mengembangkan produk yang akan memuaskan keinginan konsumen dan sekaligus memperoleh laba. Disini perusahaan menyesuaikan penawaran mereka untuk memenuhi permintaan konsumen.


2. Pengertian penjualan
Beberapa definisi mengenai penjualan;
Menurut Mawardi (1982) penjualan dapat didefinisikan sebagai “suatu transfer hak atas benda-benda”. Menurut Marwan (1991) “Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba”.
Penjualan adalah sebuah strategi untuk memasar hasil-hasil produksi yang diarahkan pada usaha pemenuhan kebutuhan dan memuaskan konsumen, guna mendapatkan laba bagi perusahaan dengan cara yang seefektif mungkin. Penjualan merupakan ujung tombak bagi sebuah perusahaan, karna penjualan adalah bagian dari perusahaan yang berhubungan lansung dengan dunia luar perusahaan.
Penjualan dibedakan menjadi dua yaitu penjualan langsung dan penjualan tidak lansung. Penjualan langsung adalah sebuah strategi mempromosikan produk atau jasa yang bertujuan untuk mempengaruhi tindakan konsumen. Penjualan tidak langsung adalah sebuah strategi mempromosikan produk atau jasa yang ditujukan untuk menyentuh pikiran dan perasaan konsumen.

3. Pengertian pemasaran
Beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya:
1. Menurut Philip kloter pemasaran atau marketing adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan malalui proses pertukaran.
2. Menurut William J. stanton pemasaran adalah keseluruhan sistem dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Pemasaran adalah sebuah kegiatan baik secara individu maupun kelompok untuk mendistribusikan, menawarkan hasil produksi kepada konsumen guna memenuhi kebutuhan (needs), keinginan (wants), permintaan (demands) komsumen melalui proses pertukaran agar tercapainya tujuan produsen.

4. Perbedaan penjualan dengan pemasaran
Penjualan
Pemasaran
1. Tekanan pada produk;
2. Perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya;
3. Manajemen berorientasi ke volume Penjualan
4. Perencanaan berorientasi ke hasil jangka pendek, berdasarkan produk dan pasar 1. Tekanan pada keinginan konsumen;
2. Perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diingini dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu;
3. Manajemen berorientasi ke laba usaha;
4. Perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produkproduk baru, pasar hari esok dan pertumbuhan yang akan datang.

5. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil adalah :
• Penjualan lebih menfokuskan pada kebutuhan penjual.
• Pemasaran lebih menfokuskan pada kebutuhan konsumen.
• Mengetahui perbedaan penjualan dengan pemasaran.


catatan-ti.blogspot.com/2009/05/perbedaan-antara-pemasaran-dan.html
arami-rafsanjani.blogspot.com/
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment