Sunday, December 4, 2011

Macro Dan File Header

Preprocessor directive
merupakan suatu perintah yang termasuk kedalam program, tetapi bukanlah instruksi dari program itu sendiri, tetapi untuk preprocessor. Preprocessor ini dijalankan secara otomatis oleh kompiler, ketika didalam proses penterjemahan (Compile) program berlangsung, didalamnya membuat nilai pembuktian pertama dan menterjemahkan code program didalam kode objek. Didalam penggunaan preprocessor directive selalu dimulai dengan tanda : # Ada beberapa preprocessor directive.

1. # define, Digunakan untuk mendefinisikan suatu nilai tertentu kepada suatu nama konstanta. Bentuk umum dari preprocessor directive #define ini adalah: #define nama_konstanta teks

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
#define PI 3.141592
#define L(n) PI*n*n
main( )
{
clrscr();
cout<<"Luas Lingkaran dengan : "<<endl;
cout<<"Jari-jari = 5 adalah "<<L(5)<<endl;
cout<<"Jari-jari = 10 adalah "<<L(10)<<endl;
getche( );
}








#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
#define awal {
#define akhir }
#define mulai() main()
#define cetak cout
#define masuk cin
#define hapus() clrscr()
#define tahan() getch()
#define LS_KUBUS (sisi*sisi)
mulai( )
awal
int sisi, ls_kubus;
hapus( );
cetak<<"Program Penggunaan #define"<<endl;
cetak<<"Masukkan Nilai Sisi Kubus = ";
masuk>>sisi;
ls_kubus = LS_KUBUS;
cetak<<"Luas Kubus adalah : "<<ls_kubus;
tahan( );
akhir





2. # include, Preprocessor #include telah dibahas pada bab sebelumnya, yaitu berfungsi untuk memasukkan atau menyertakan file-file header kedalam program yang akan dibuat. Dalam penulisan #include ada dua bentuk penulisan :
#include "nama_file_header" --> artinya : “Pertama kali compiler akan mencari file header yang disebutkan pada directori yang sedang aktif dan apa bila tidak ditemukan akan mencari pada directori dimana file header tersebut berada “.
atau
#include <nama_file_header> --> artinya : Pertama kali compiler akan mencari file header yang disebutkan pada directori yang ada file headernya, kecuali pada directori yang sedang aktif.


3. # if - #endif, digunakan untuk mengkompilasi jika pernyataan kondisi pada #if bernilai benar, jika tidak maka, diabaikan. Pernyataan kondisi berupa ekspresi konstanta yang dideklarasikan dengan #define

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment